Menko PMK dan Kepala BNPB Pusat Akan Kunjungi Masyarakat di Puncak

Letkol Jonatan Nidio Dandim 1717 Puncak Papua Tengah. Foto: Red/BRP
Letkol Jonatan Nidio Dandim 1717 Puncak Papua Tengah. Foto: Red/BRP
banner 468x60

MIMIKA – Menko PMK Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Pusat, Letjen TNI Suharyanto berencana melakukan kunjungan dan menyerahkan langsung Bantun Sosial (Bansos) ke warga tiga Distrik yang kena dampak kekeringan dan kelaparan akibat cuaca ekstrim di Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Kegiatan itu di pusatkan di Distrik Sinak Kabupaten Puncak Provinsi Papua Tengah pada Rabu (2/8/2023).

Terkait rencana itu, Dandim 1717 Puncak Papua Tengah, Letkol Jonatan Nidio Apramanda mengatakan bahwa dirinya bersama Bupati Puncak Willem Wandik, Kapolres dan para pejabat Kabupaten Puncak telah melakukan pertemuan. Pertemuan itu dilakukan guna membahas rencana kunjungan Menko PMK dan Kepala BNPB Pusat ke Distrik Sinak.

Masyarakat 3 Distrik Terdampak Cuaca Ekstrim. Foto: Red/BRP
Masyarakat 3 Distrik Terdampak Cuaca Ekstrim. Foto: Red/BRP

“Kunjungan itu untuk melihat dan menyerahkan langsung bansos ke warga tiga Distrik yang kena dampak kekeringan dan kelaparan akibat cuaca ekstrim,” ucap Dandim Puncak.

Menurut Dandim, kunjungan itu tidak dilaksanakan di Distrik Agandugume, karena bandara Agandugume landasan pesawat terletak di ketinggian dan karena faktor cuaca yang tidak menentu.

Bacaan Lainnya

“Tidak semua pesawat bisa masuk di Agandugume dan kalaupun bisa masuk bebannya hanya bisa membawa sedikit. Sehingga untuk lebih maksimal kegiatannya di laksanakan di Distrik Sinak,” tutur Dandim.

Dandim menjelaskan, warga tiga Distrik yang terdampak tersebut akan diarahkan ke Distrik Sinak. “ Beberapa hari lalu, bupati sudah terbang ke Distrik Agandugume dengan menggunakan pesawat dan sudah menyerahkan bansos kepada warga,”ungkapnya.

Bantuan yang telah terkumpul, sementara di distribusikan secara bertahap, karena keterbatasan transportasi udara dan faktor cuaca yang tidak menentu.

Untuk diketahui, sebanyak 80 ton lebih bansos di tampung sementara di Posko Kabupaten Mimika dan didistribusikan secara bertahap menggunakan helikopter dan pesawat. Bansos itu berupa Beras, Mie Instan, Telur, Susu, Kacang Ijo, Pakian, Selimut dan lainnya.

Bantuan itu diberikan oleh Kementerian Sosial RI, Panglima TNI, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten Puncak Papua.

Selain itu, kurang lebih 10 ribu warga yang diketahui terdampak kekeringan dan kelaparan akibat cuaca ekstrim, tersebar ditiga Distrik yaitu Distrik Agandugume, Distrik Lambewi dan Distrik Oneri.

banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60