Bawaslu Mimika Gelar Lomba Jelang HUT RI Ke-78, Libatkan Staff Sekretariat

Saat lomba memperingati HUT RI Ke-78 Tahun oleh Sekretariat Bawaslu Kabupaten Mimika. Foto: Thoby/BRP
Saat lomba memperingati HUT RI Ke-78 Tahun oleh Sekretariat Bawaslu Kabupaten Mimika. Foto: Thoby/BRP
banner 468x60

MIMIKA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mimika menggelar 8 Mata lomba, sambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-78 di lingkungan kantor, Jalan Irigasi, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Pada Kamis (10/8/2023)

Koordinator Sekretariat Bawaslu Mimika, Faisal Tura, SH menyampaikan bahwa peringatan HUT RI sudah menjadi peringatan yang dilakukan secara nasional dan semua lembaga kementerian negara, instansi pemerintah daerah hingga lembaga struktural dan nonstruktural termasuk Bawaslu Kabupaten, Provinsi dan RI.

“Hari ini Bawaslu Kabupaten menyelenggarakan-mengisi peringatan kemerdekaan ini dengan lomba-lomba lokal sebenarnya. Kegiatan mengisi peringatan kemerdekaan ini untuk memperkuat solidaritas, kekompakan, keakraban dari masing-masing staff sekretariat ini, menjelang hari kemerdekaan. Nilai yang penting yang ditanamkan adalah menumbuhkembangkan nilai solidaritas antar sesama. Artinya semua pegawai punya solidaritas dan disiplin dalam bekerja,” Katanya

Faisal meneruskan bahwa lomba tersebut diselenggarakan untuk mengisi sampai dengan 17 agustus, kemudian akan dilakukan Upacara bersama di lingkungan sekretariat Bawaslu sekaligus akan diperkenalkan komisioner Bawaslu Kabupaten Mimika terpilih.

Foto bersama Kordinator Sekretariat bersama Staff Sekretariat Bawaslu Mimika usai Lomba. Foto: Thoby/BRP
Foto bersama Kordinator Sekretariat bersama Staff Sekretariat Bawaslu Mimika usai Lomba. Foto: Thoby/BRP

“Berbagai lomba ini kami selenggarakan untuk mengisi sampai dengan tanggal 17 agustus, memungkinan kita akan upacara bersama di lingkungan sekretariat bawaslu sekaligus jika tidak ada halangan kita perkenalkan komisioner bawaslu mimika yang baru,” Jelasnya

Bacaan Lainnya

Faisal juga menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan itu hingga puncaknya ditanggal 19 agustus akan dilaksanakan serah terima jabatan dari Komisioner yang lama ke Komisioner yang baru yang direncakan dilaksanakan di Kabupaten Mimika.

“Rangkaian kegiatan-kegiatan ini, sasarannya adalah membina nilai-nilai sosial dan nilai-nilai Kemerdekaan itu untuk mengisi supaya sekretariat ini dalam mendukung sebagai support system dalam mendukung kinerja pengawasan pemilu ini bisa lebih aktif dalam pengawasan,” Imbuhnya

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya telah melaksanakan pengawasan verifikasi perbaikan sampai dengan tahapan penetapan. Walau demikian, pihaknya tetap memperingati HUT Kemerdekaan RI ditengah-tengah kesibukan menjalankan tugas dan kewajiban.

“Sebagai sekretariat Support System kami tetap melaksanakan tugas dan kewajiban untuk mengawasi mendukung kkmisioner untuk mengawasi tahapan verifikasi administrasi perbaikan sampai dengan penetapan daftar calon sementara,” Ucapnya

Faisal juga mengaku, bahwa dikarenakan keterbatasan sumberdaya dan pengawasan tahapan sehingga pihaknya tidak dapat mengikuti lomba-lomba yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Mimika.

“Kami hanya melaksanakan (lomba) dilingkungan sekretariat untuk memudahkan kami untuk mengawasi di KPU, agar kalau kami mengawasi kami langsung saja ke KPU, dekat saja aksesnya, daripada kita melaksanakan diluar sementara tahapan sumberdaya terbatas,” Tutupnya

Faisal menambahkan, apapun dinamisnya masalahnya pihaknya tetap menjalin kekompakan keakraban dan silahturahmi dari masing-masing staff sekretariat untuk mendukung kinerja daripada pimpinan bawaslu dalam rangka pengawasan pemilu serentak tahun 2024.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Ibnu Hamid, S.Pd menyampaikan bahwa Bawaslu menyelenggarakan 8 mata lomba yang masing-masing lomba memiliki nilainya sendiri.

“Lomba Baris Zig-zak misalnya, menekankan pada aspek memahami pola lomba dan menaati aturan lomba karena jika peserta tidak memahami maka barisan akan rusak. Ada juga lomba rebut kursi, lomba ini menekanka pada Respon cepat, strategi ambil posisi saat lagu berhenti dan Lomba Karet Estafet dengan Sedotan, kalau lomba ini menekankan pada kehati-hatian, kekompakan, pengertian dan kecepatan waktu,” Uncapnya

Ibu menjelaskan, setiap mata lomba ada nilai-nilainya tersendiri yang diharapkan dapat dimengerti oleh masing-masing peserta agar dalam bekerja dapat lebih baik kedepannya.

banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60