Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gekar Konsultasi Publik I Penyusunan RZ KSN Kawasan Timika

Foto bersama usai Acara Pembukaan. Foto: Miranda Rombe/BRP
Foto bersama usai Acara Pembukaan. Foto: Miranda Rombe/BRP
banner 468x60

MIMIKA – Direktoral Perencanaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan, lakukan Penyusunan Materi Teknis Ruang Perairan pada Rencana Tata Ruang (RTR) atau Rencana Zonasi Kawasan Strategis Nasional (RZ KSN) Kawasan Timika, pada Tahun Anggaran 2023. Kegiatan tersebut berlangsung pada Selasa (29/8/2023) di salah satu hotel di Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Kegiatan itu, dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada setda Mimika, Paulus Dumais S.Pd; M.M. Pada sambutannya, Paulus menerangkan bahwa Rencana Zonasi Kawasan Strategis Nasional (RZ KZN) Kawasan Timika, akan disusun berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tetang Cipta Kerja dan PP Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Lenyelenggaraan Penataan Ruang serta Perda KPI Nomor 28 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang Laut.

“Kementrian Kelautan dan Perikanan, mendapat Amanah dari Beberapa Peraturan Perundang-undangan untuk Mengelolah sumber daya laut, pesisir, dan pulau-pulau kecil secara berkelanjutan,” Kata Paulus

Paulus menerangkan, Penataan Ruang Laut merupakan salah satu kegiatan terpenting untuk melaksanakan Amanat Undang-undang No 32 Tahun 2014 Tentang Kelautan, Undang-undang No 27 Tahun 2007 dan Undang-undang No 1 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Pesisir Daerah dan Pulau-pulau Kecil.

Bacaan Lainnya

“Kawasan strategis Nasional Timika, Merupakan (KSM) yang harus Kita Perhatikan Bersama, Adapun Pengembangnya Dititikberatkan pada pengembangan dan peningkatan kualitas pengawasan dengan sudut Kepentingan Pemberdayagunaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) Berteknologi Tinggi,” Lanjut Paulus

Paulus juga menambahkan bahwa Kawasan Timika merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi Sumber Daya Alam yang melimpah, Terutama didominasi oleh Sektor Pertambangan dan Sektor Perikanan.

“Rentan terhadap Gejolak Faktor-faktor Makro, Baik (Ekonomi) Maupun (Non Ekonomi). Memiliki Hal Yang Sangat Penting Dalam Kehidupan Masyarakat Pada Umumnya,” Tutup Paulus

Maka, dengan diselenggarakan kegiatan tersebut, diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi Kabupaten Mimika secara khusus dan Bagi Negara di bidang Perikanan.

banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60