Kepala BPBD Mimika: Masyarakat Harus Jaga Kebersihan Lingkungan, terutama Saluran Drainase!

Kepala BPBD Mimika, Yosias Lossu. Miranda/BRP
Kepala BPBD Mimika, Yosias Lossu. Miranda/BRP
banner 468x60

MIMIKA – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah Yosias Lossu, menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan. Hal tersebut disampaikan saat dijumpai di kantornya. Pada Selasa (12/9/2023).

Yosias mengatakan, Penyebab penyumbatan saluran air atau drainase, salah satunya adalah sampah yang menyebabkan terjadinya Banjir.

“Tingkat kesadaran Masyarakat masih rendah, terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan, kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal, sangatlah penting mengingat cuaca Mimika yang sering hujan,” Kata Yosias

Yosias menjelaskan, Kabupaten Mimika adalah wilayah yang memiliki tingkat curah hujan yang cukup tinggi. Maka diperlukan untuk menjaga kebersihan pada sistem saluran pembuangan air atau Drainase agar terhindar dari Banjir.

Ada beberapa titik lokasi yang sering mengalami penyumbatan akibat sampah yaitu berada di depan Gereja pantekosta SP-2, Perumahan Pemda dan Jalan Hassanudin dan Perempatan di depan Kantor BPBD Mimika.

Bacaan Lainnya

Di jelaskan juga bahwa, dampak membuang sampah sembarangan, akan merusak pemandangan, mendatangkan bau tidak sedap, Banjir, serta mengakibatkan gangguan pada kesehatan.

“Sampah yang di buang ke saluran pembuangan dapat menimbulkan genangan air, penyakit, dan sarang nyamuk,” Jelas Yosias

Yosias mengajak agar semua elemen besama-sama untuk menjaga kesehatan dan keselamatan, bersama membersihkan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60