Secara Resmi, PT FI Serahkan Fasilitas Air Bersih Kepada Pemkab Mimika

Director & EVP Sustainable Development PTFI Claus Wamafma bersama Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika Hendritte Tandiyono Menekan Tombol Peresmian Fasilitas Air Bersih yang didampingi Forkopimda Mimika. Foto: Thoby/BRP
Director & EVP Sustainable Development PTFI Claus Wamafma bersama Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika Hendritte Tandiyono Menekan Tombol Peresmian Fasilitas Air Bersih yang didampingi Forkopimda Mimika. Foto: Thoby/BRP
banner 468x60

MIMIKA – PT Freeport Indonesia (PTFI) secara resmi menyerahkan Fasilitas Air bersih kepada Pemerintah Kabupaten Mimika. Penyerahan tersebut dilakukan di lokasi fasilitas air besih yang bertempat di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, pada Kamis (12/10/2023) pagi.

Saat menyampaikan sambutan mewakili PTFI, Director & EVP Sustainable Development PTFI Claus Wamafma, menjelaskan bahwa pihaknya berharap fasilitas air bersih tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Pada hari ini kita bisa melakukan seremoni untuk pengoperasian selanjutnya fasilitas air bersih ini,” Katanya

Claus juga mengucapkan terima kasih untuk semua dukungan yang telah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Mimika dan TNI-Polri, yang telah memastikan pembangunan fasilitas tersebut dapat berjalan dengan baik hingga penyerahan dilakukan.

“Fasilitas ini ada ditengah hutan lindung kuala kencana, fasilitas ini ada di area seluas 17.100 hektar yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai hutan lindung, dimana kuala kencana berada dan juga fasilitas air bersih ini ada,” lanjutnya

Bacaan Lainnya

Claus berharap, fasilitas tersebut tetap beroperasi dan hutan lindumg seluas 17.100 hektar tersebut dapat tetap utuh. Ia juga menekankan bahwa jika hutan itu dibabat maka tidak ada lagi sumber air.

Kerang Fasilitas Air Bersih yang dibuka saat Tombol Peresmian ditekan. Foto: Thoby/BRP
Kerang Fasilitas Air Bersih yang dibuka saat Tombol Peresmian ditekan. Foto: Thoby/BRP

Menurut Claus, dengan berbicara, berkoordinasi, saling berbagi dan saling mendukung, maka fasilitas air bersih tersebut telah menjadi bukti bahwa kolaborasi tersebut dapat memberikan hal baik bagi masyarakat terutama masyarakat Mimika.

“Ini menjadi bukti bahwa kerjasama privat sector, antara PT Freeport Indonesia dengan para pemangku kepentingan, dengan pemerintah daerah, dengan TNI-Polri dan semua unsur di masyarakat itu bukan lagi sebuah keniscayaan,” Jelasnya

Selain itu, mewakili Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, pada sambutan Bupati yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika Hendritte Tandiyono, menyampaikan bahwa PT FI telah melakukan pembangunan yang luar biasa dengan melakukan pembangunan untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk dikonsumsi oleh masyarakat di Kabupaten Mimika.

“Ini merupakan program kolaborasi antara PT Freeport Indonesia dengan pemerintah Daerah untuk memenuhi salah satu kebutuhan dasar masyarakat di Mimika,” Ungkapnya

Hendritte menjelaskan, setelah penyerahan tersebut maka Pemerintah Kabupaten Mimika bertanggungjawab untuk melanjutkan, melakukan pemasangan pipa untuk pengairan hingga ke rumah-rumah warga.

“Moga-moga satu tahun ini atau tahun kedepan masyarakat Kabupaten Mimika sudah bisa mengkonsumsi air bersih,” Jelasnya

Untuk diketahui, Setelah WTP selesai dibangun pada tahun 2017, PTFI melakukan perawatan serta uji coba mesin pompa di WTP selama periode 2017-2023 untuk memastikan operasional berjalan dengan baik.

WTP tersebut juga telah menjalani serangkaian uji coba, termasuk pengujian sampel air setelah diberikan kaporit untuk memastikan standar kebersihannya terpenuhi.

Setelah tahap uji coba selesai dilakukan, perwakilan PTFI, Pemkab Mimika, bersama Forkopimda melakukan seremoni penyerahan fasilitas air bersih dan pembukaan keran air sebagai simbol bahwa fasilitas sudah siap digunakan. Proyek pembangunan WTP ini, dibangun di atas lahan seluas 1,36 hektar.

Selain itu, PTFI juga membangun fasilitas pendukung seperti kantor, laboratorium, ruang genset, ruang panel, rumah pompa, dan rumah trafo untuk menunjang Fasilitas Pengolahan Air Bersih, serta mewujudkan komitmen untuk mendampingi Pemda dalam mengoperasikan dan merawat fasilitas ini.

banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60