Festival Budaya dan UMKM, 130 Peserta Ramaikan HUT Mimika Ke-27

Kerajinan Seni Ukir Patung Suku Kamoro, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Foto: Thoby/BRP
Kerajinan Seni Ukir Patung Suku Kamoro, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Foto: Thoby/BRP
banner 468x60

MIMIKA – Festival Budaya dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam rangka Peringati HUT Kabupaten Mimika Ke-27, Dinas Koperasi dan UMKM berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), secara resmi dibuka pada Jumat (13/10/2023) di halaman Gedung Emeneme Yauware, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Kegiatan ini digelar selama lima hari dimulai dari hari ini Jumat 13 Oktober 2023 hingga 17 Oktober mendatang. Festival ini diikuti oleh 130 UMKM di Kabupaten Mimika.

Untuk pameran Budaya, dihadirkan Budaya Suku Amungme dan Kamoro. Diantaranya Panah, Noken, Mahkota Khas Papua, Ukiran Patung dan Ukiran lainnya yang dipamerkan langsung oleh masyarakat asli kedua suku tersebut.

Sedangkan untuk UMKM terdapat pelaku usaha yang berfariasi, antaranya Penjual Ikan Hias, Minuman segar, Penggiat Kopi, Ikatan Keluarga Minang dan Penggiat Tanaman Hias.

Terdapat juga dari Kemenhumham, Dians Pengadaan Barang dan Jasa, Dinas Perizinan, Badan Pendapatan Daerah, PT Sukovindo, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Pajak Pratama, Dinas Kesehatan, Loka POM, Pegadaian, Kantor Pos, Yayasan Talenta Papua, Dinas Kesehatan, Bayangkari Brimob dan lainnya. Ada juga dari Hotel-Hotel di Mimika antaranya, Hotel Cartenz.

Bacaan Lainnya

Selain itu, pada akhir acara dibagikan Dorprize kepada peserta Festival. Dorprize ini disponsori oleh Bank Papua, Bank BRI, Koperasi Maria Bintang Laut dan Koperasi Jaya Wijaya KPI.

Pada sambutan Bupati Mimika, Dr. Eltinus Omaleng, SE,. MH yang disampaikan oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Mimika Dr. Willem Naa. Menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan upaya mempromosi Kabupaten Mimika.

“Melalui festival UMKM ini, kita hadirkan keberagaman budaya dan produk-produk yang berkualitas dari Daerah kita. Kita akan temukan berbagai kerajinan-kerajinan dengan berbagai kreativitas,” Kata Willem

Willem menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut juga untuk membangun persatuan dan sinegitas antar pelaku UMKM. Sehingga ia berharap, masyarakat di Kabupaten Mimika dapat menggunakan dan mengkonsumsi hasil produk lokal.

“Saya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk memakai dan mengkonsumsi produk-produk lokal para pelaku UMKM di Kabupaten Mimika,” Harap Willem

Kepala Bidang Usaha Kecil Menengah, Dinas Koperasi dan UMKM Mimika, Samuel Yogi mengatakan kegiatan tersebut guna melakukan pemberdayaan terhadap pelaku-pelaku UMKM di Mimika.

“Sebanyak 130 UMKM yang ada di Timika ini yang ikut Festival UMKM ini, sehingga kami Pemerintah mengajak seluruh peserta UMKM yang hadir mari bersatu, bergandeng tangan, mensukseskan kegiatan UMKM Kabupaten Mimika,” Jelas Samuel

Samuel pun mengajak bagi seluruh peserta UMKM yang belum lengkap administrasinya seperti surat izin, NIB, NPWP dan loka POM agar dapat mendatangi stand-stand untuk mendaftar karena pihaknya sudah menyiapkannya selama festival diadakan.

 

banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60