Mengenal Lebih Dekat, Soedeson Tandra Caleg DPR RI Dapil Papua Tengah

Dr. Soedeson Tandra, S.H., M.Hum saat dijemput dengan Tarian Papua. Foto: Ist/BRP
Dr. Soedeson Tandra, S.H., M.Hum saat dijemput dengan Tarian Papua. Foto: Ist/BRP
banner 468x60

MIMIKA – Dr. Soedeson Tandra, S.H., M.Hum yang akrab disapa Tandra ini, lahir pada tanggal 4 Desember 1963. Ia merupakan seorang kurator dan politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar).

Soedeson Tandra menempuh pendidikan di SD Nasional Katholik Teresia Larat, SMP Negeri Lelemuku Romean Maluku, SMA Yayasan Perguruan Trisila Surabaya, S1 di Fakultas Hukum Universitas Suarabaya (Ilmu Hukum/ Hukum Administrasi Negara, gelar S.H.), S2 di Fakultas Hukum Universitas Surabaya (Ilmu Hukum, gelar M.Hum.) dan meraih gelar Doktor (Dr.) dari Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadja Mada pada tahun 2020.

Caleg DPR RI Nomor urut 2 dari Partai Golkar ini, merupakan pria kelahiran Maluku Tenggara, yang berkutat di dunia hukum dan memiliki spesialisasi di bidang kepailitan.

Sepakterjang Tandra di dunia hukum, sudah terbukti dengan ia berhasil mendirikan Himpunan Kurator dan Pengurus Indonesia (HKPI) dan sekaliggus memimpin sebagai Ketua Umum. HKPI juga terdaftar secara resmi di Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Tak hanya dibidang hukum, Tandra juga aktif di bidang politik  dengan menjabat sebagai Fungsionaris Partai Golkar Provinsi Papua Tengah. Dari jabatan tersebut, ia kemudian meneguhkan dirinya untuk mengabdi bagi masyarakat Provinsi Papua Tengah.

Bacaan Lainnya

Dengan mencalonkan diri sebagai Calon Anggota DPR RI nomor urut 2 dari Partai Golkar Daerah Pemilihan Papua Tengah, ia yakin mampu menyampaikan aspirasi masyarakat Papua Tengah dalam kancah Nasional.

“Dengan latar belakang sesama ‘orang timur’ tentunya membuat saya paham dan dapat merasakan keinginan serta maksud dari masyarat Papua Tengah,” Kata Tandra

Jika terpilih sebagai Anggota DPR RI, Soedeson Tandra berkomitmen akan memperjuangkan  beberapa hal berikut ini untuk masyarakat Papua Tengah.

Pertama, membangun rumah ibadah: Diantara semua hal penting yang paling mendasar kekuatan spiritual adalah yang paling vital. Tandra berkomitmen akan bangun 2 rumah ibadah tiap tahun di tiap Kabupaten di Provinsi Papua Tengah.

Selanjutnya, menciptakan lapangan kerja: Ibarat pepatah lebih baik kasih kail pancing daripada ikan, menurut Tandra dengan menciptakan lapangan kerja baru maka akan merangsang pertumbuhan ekonomi di Papua Tengah.

Kemudian, memberikan beasiswa: Tandra adalah orang yang sangat peduli terhadap pendidikan terutama anak-anak muda di usia sekolah. Beasiswa ini akan diberikan kepada mereka yang akan menempuh pendidikan menengah atas (SMA/SMK/Sederajat) dan pendidikan tinggi di Universitas atau Perguruan Tinggi.

Terakhir, pelestarian budaya: Menurutnya, masyarakat Papua Tengah dicirikan dengan budaya papuanya. Maka perlu ada yang menginisiasi berdirinya sanggar-sanggar kebudayaan serta kegiatan Festival budaya tahunan sebagai ajang pamerannya. Hal ini selain menjaga budaya juga berpotensi menghadirkan potensi pariwisata bagi masyarakat luar agar datang menikmati budaya Papua Tengah sebagai sebuah hiburan.

“Maka dari itu, Jang Lupa Tanggal 14 Februari 2024, di kertas suara DPR RI warna Kuning. Torang Coblos Dr. Soedeson Tandra, S.H., M.Hum. Nomor Urut 2 dari Partai Golkar. Bersama Torang Bisa!,” Ajak Soedeson

banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60