Long Boat Terbalik di Muara Omauga, 2 Orang Hilang

Proses Pencarian 2 Orang hilang saat longboat berpenumpang 3 orang terbalik di Muara Omauga. Foto: Red/BRP
Proses Pencarian 2 Orang hilang saat longboat berpenumpang 3 orang terbalik di Muara Omauga. Foto: Red/BRP
banner 468x60

MIMIKA – Long Boat berpenumpang 3 Orang, dikabarkan terbalik di Muara Omauga. Kejadian itu mengakibatkan 2 orang hilang dan 1 orang berhasil selamat. Pada Kamis (8/2/2024) siang.

Berdasarkan informasi dari keluarga korban bernama Ansar, bahwa pada hari Rabu tanggal 7 Februari 2024 sekitar pukul 08.00 Wit, ada sebuah long boat double engine 40 PK dan 15 PK berpenumpang 3 orang terbalik di muara Omauga.

Berdasarkan informasi yang didapatkan Kantor Pencarian dan Pertongan Timika, Long boat tersebut bertolak dari Pelabuhan Poumako tujuan Manasari. Namun, saat berada di Muara Omauga, mesin long boat mati dan dihantam ombak.

Dari kejadian tragis ini, 1 penumpang atasnama Agus berusia 42 Tahun berjenis kelamin laki-laki berhasil ditemukan warga setempat. Namun, 2 Penumpang lainnya bernama Wawan berusia 37 Tahun berjenis kelamin laki-laki dan Sami berusia 24 Tahun berjenis kelamin laki-laki hingga berita ini ditayangkan, 2 korban tersebut belum diketahui keberadaannya.

Pelaksana Harian Kantor SAR Timika, Charles Y. Batlajery menyampaikan, bahwa setelah mendapatkan informasi tersebut, dirinya memberangkatkan Tim SAR Gabungan bersama korban selamat menggunakan RBB 600 PK dan perahu karet 15 PK menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian korban.

Bacaan Lainnya

Namun, pencarian kedua korban itu terhambat dan tidak dapat dilakukan secara maksimal akibat cuaca yang buruk. Sehingga upaya pencarian Tim SAR Gabungan itu tidak berhasil menemukan korban.

Pencarian kedua korban, direncanakan akan dilakukan lagi pada keesokan hari pukul 06.00 Wit. Sesuai dengan Rencana Operasi SAR H.2.

Atas kejadian ini, Pelaksana Harian Kantor SAR Timika, Charles Y. Batlajery menghimbau kepada masyarakat agar masyarakat yang akan menggunakan jalur laut untuk tidak berlayar jika long boat atau kapal tidak mendukung.

“Kami sarankan untuk sementara bisa menahan diri untuk tidak berlayar terlebih dahulu dulu, mengingat cuaca yang sangat ekstrim yaitu angin dan tinggi gelombang,” Ucap Charles

banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60