Pemkab Mimika Sosialisasi Keprotokolan pada OPD, TNI-Polri dan Ormas

Saat Foto bersama Pemateri, Asisten III, Kabag Humas dan Protokol serta Peserta Sosialisasi. Foto: Red/BRP
Saat Foto bersama Pemateri, Asisten III, Kabag Humas dan Protokol serta Peserta Sosialisasi. Foto: Red/BRP
banner 468x60

MIMIKA – Pemerintah Kabupaten Mimika, melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Mimika menggelar Sosialisasi Keprotokolan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI-Polri dan Sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas). Di Hotel Horoson Diana, Jalan Budi Utomo, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Pada Kamis (30/5/2024).

Sosialisasi ini diisi oleh pemateri dari Kementerian Dalam Negeri, yakni Kepala Bagian Protokol Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Firmansyah Rasyid, S.IP.,Μ.Α.Ρ.

Anace Hombore, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika menyampaikan apresiasi kepada Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Mimika atas terlaksananya kegiatan ini.

Anace menyebutkan, bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kegiatan keprotokolan yang berkaitan dengan tata upacara, tata tempat, dan tata penghormatan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan.

Ia melanjutkan, peran protokol bukan sekadar mempersiapkan segala sesuatu sebelum pejabat di suatu daerah atau instansi melakukan kunjungan kerja, melainkan lebih dari itu. Tugas protokol sangat strategis, yaitu ikut meningkatkan pembentukan citra sebuah organisasi dan bertanggung jawab atas kesuksesan atau kegagalan acara.

Bacaan Lainnya

“Segala kegiatan yang dilaksanakan, baik oleh instansi pemerintah vertikal maupun swasta, dalam kesuksesan suatu acara harus mampu menyelaraskan persepsi dan memperhatikan peraturan yang berlaku, agar kegiatan berjalan dengan tertib, khidmat, rapi, lancar, dan teratur, ” Kata Anace

Anace juga berharap dengan adanya kegiatan ini, peserta sosialisasi dapat belajar serta memperoleh ilmu, menambah wawasan dan pengetahuan baru mengenai protokolan, sehingga nantinya dapat mengimplementasikannya dengan baik berdasarkan aturan dan undang-undang Nomor 9 Tahun 2010 tentang protokolan.

“Ada yang mengartikan protokol itu seperti halaman pertama dari sebuah buku. Jadi ketika kita berada dalam satu acara atau kegiatan yang melibatkan kepala daerah, maka di depannya ada protokol karena itulah protokol selalu yang berada di garda paling depan, ” Tutup Anace

banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60