Banjir di Lima Kampung Distrik Iwaka, Satu Anak Kecil Dikabarkan Hanyut

Rumah warga yang digenangi air banjir. Foto: Red/BRP
Rumah warga yang digenangi air banjir. Foto: Red/BRP
banner 468x60

MIMIKA – Kepala Distrik Iwaka, Linus Dolame menjelaskan banjir terjadi di lima kampung yang ada di Distrik Iwaka.

Lima kampung tersebut yakni Distrik Limau Asri Timur, Limau Asri Barat, Kampung Iwaka, Wangirja SP9, Naena Muktipura SP6 dan Mulia Kencana SP7.

“Saya sudah turun ke Limau Asri barat dan timur, banjir naik menggenai hampir 100 rumah warga di rumah 10, tingginya sampai paha orang dewasa,air full di beberapa ruas jalan besar,” jelasnya, pada Selasa (11/6/2024).

Ia melanjutkan, wilayah Sp9 banjir terjadi menggenangi sejumlah rumah warga bahkan beberapa kandang babi ikut terseret banjir.

“Sp5 dan sp6 itu pemicunya karena curah hujan tinggi, terus air kali di jembatan kembar meluap, kali itu memang banyak kayunya dan terhubung dengan irigasi di sp5 jadi pembuangannya kecil jadi air meluap,” terangnya.

Dikatakan masyarakat yang melakukan pemalangan pagi tadi tergabung dari lima kampung di Distrik Iwaka mereka menuntuj agar adanya normalisasi sungai yang baik.

Sementara itu, untuk kampung iwaka banjir tersebut sudah selalu terjadi setiap tahunnya.

Untuk sp6 juga banjir terjadi di area kandang sapi dan beberapa pemukiman warga sekitar terkena dampak.

Sp7 juga kata Linus, banyak rumah yang terkena dampak banjir akibat air kali meluap.

Akibat banjir, Linus mendapatkan laporan di sp5 saat banjir terjadi dua orang menjadi korban, satu orang mengalami patah tangan.

“Kalau di Kampung Iwaka, itu satu orang anak kecil mereka kabarkan hanyut tenggelam. Saya mau turun lagi untuk melihat kondisi disana,” katanya.

Untuk data lengkap mengenai berapa jiwa terkena dampak dan kerugian, Linus menjelaskan pihaknya masih melakukan pendataan.

banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60banner 468x60